Selasa, 12 Desember 2017

Jangka Sorong / Vernier Calliper dan Cara Penggunaaannya

Jangka Sorong / Vernier Calliper

Vernier calliper terbuat dari penjepit permanen (fixed jaw), beam atau rangka (frame) yang memiliki skala pengukuran dan sebuah jaw yang dapat digerakkan di sepanjang rangka. Skala vernier bergerak dengan jaw yang dapat digerakkan. Beberapa vernier calliper memiliki ujung-ujung jaw pengukur bagian dan ujung-ujung jaw pengukur bagian luar, sementara yang lainnya memiliki ujung-ujung jaw yang dapat melakukan keduanya. Model induk vernier calliper memiliki knurled secrew untuk penyetelan secara halus setelah penjepit mengenai bagian yang dikerjakan. Kebanyakan model memiliki lamp screw pada penjepit yang dapat digerakkan untuk memastikan angka-angka dapat dibaca meskipun saat tidak digunakan. Ukuran-ukuran biasanya memiliki skala panjang mulai dari 6 hingga 12 inci (15 hingga 30 cm) dan tersedia dalam satuan skala Inggris dan metrik.

Vernier calliper

Vernier calliper adalah perkakas presisi yang digunakan dalam pembuatan, inspeksi, dan perbaikan komponen-komponen kendaraan. Vernier callipersdigunakan untk mengukur jarak-jarak bagian dalam dan luar yang kecil secara akurat. Untuk menggunakan vernier callipers, letakkan alat tersebut pada bidang yang akan dikerjakan dan masukkan rahan yang dapat digerakkan (moveable jaw) sampai menyentuh bidang yang akan diukur. Kencangkan clamp screw dan lepaskan calliper dari bidang yang diukur untuk dibaca hasil pengukurannya. Apabila calliper memiliki sekrup penyetel kecil (fine adjustment screw), putarlah sekrup tersebut sampai penjepit bersentuhan dengan benar pada bidang yang akan diukur/dikerjakan. Kemudian kencangkan sekrup di atas skala vernier dan lepaskan calliper untuk dibaca hasil pengukurannya. Vernier calliper dapat juga digunakan untuk mengukur kedalaman.

Vernier calliper terdiri dari penjepit permanen (fixed jaw) dan rangka (frame) atau beam yang di sepanjang beam tersebut tertera angka-angka skala yang akurat. Penjepit geser (sliding jaw) yang dipasang dengan skala vernier dapat digerakkan di sepanjang frame. Gunakan clamping screw untuk memasangnya dekat dengan penyetelan yang diperlukan.

Dikarenakan pada penggunaan alat ukur jangka sorong dengan cara digeser atau disorong , maka alat ukur ini disebut dengan jangka sorong atau Vernier caliper.
Jangka sorong ( Vernier caliper ) dapat digunakan untuk mengukur ; panjang , ketebalan , diameter dalam dan luar, dan kedalamam yang sangat akurat.

Pada setiap jangka sorong mempunyai skala tetap dan skala nonius.
Skala nonius atau skala verniler tertulis pada rangka yang digerakkan,sekala ini menentukan ketelitian dari jangka sorong yang digunakan.
Skala tetap/utama tertulis pada kerangka tetap berbentuk ” T ” yang mempunyai skala dalam ukuran sistem metrik dan ukuran sistem inchi.
Ketelitian jangka sorong di bengkel – bengkel otomotif ada bermacam – macam :
Ketelitian sistem metrik : 1/20 mm atau 0.05mm
1/50 mm atau 0.02 mm
Ketelitian sistem inchi ; 1/128 inchi atau 0.001 inchi
Jangkauan pengukuran : 160mm atau 6,25 inchi.

Penggunaan bagian-bagian jangka sorong
  • Mengukur diameter luar.
Vernier calliper
Pengukuran diameter luar dengan Vernier calliper

  • Mengukur kedalaman
vernier calliper

Pengukuran kedalaman dengan vernier calliper

  • Mengukur diameter dalam
 vernier caliper
Pengukuran diameter dalam dengan vernier caliper