List
sensor /actuator pada sistem electronic fuel injection :
1.
TPS = Throtle Position Sensor ( TPS ), adalah
sensor yang digunakan untuk mengetahui posisi pedal gas dalam keadaan tertekan
atau bebas. Jika ditekan/digas maka valuenya besar dan jika tidak ditekan
valuenya kecil.
2.
MAP =
Manipold Absolute Pressure ( MAP ), sensor yang digunakan untuk
mengetahui kondisi kevacuuman intake manipold. Sensor ini akan mengeluarkan
pulsa tegangan besar jika kevacuuman intake manipold berkurang ( pedal gas
diinjak ) atau sebaliknya.
3.
AFS = Air Flow Sensor ( AFS ), adalah sensor
yang digunakan untuk mengetahui banyak sedikitnya udara yang akan masuk ke
dalam intake manipold. Biasanya sensor ini dipasang sesudah filter udara dan
akan memberikan pulsa tegangan semakin besar jika udara yang melewatinya
semakin banyak atau sebaliknya. Sensor ini ada yang meneybutnya AFM ( Air flow
meter ) atau juga MAF ( Mass Air Flow ).
4.
IAT = Intake Air Temperature Sensor ( IAT ),
adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui suhu udara masuk ke intake
manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan semakin besar pulsa
tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga supllai bensin ke injector juga
semakin besar.
5.
IAC = Idle Air Control ( IAC ), adalah part
yang mendeteksi/mengendalikan suplai udara ke intake manipold pada saat putaran
idle ( langsam ). Sensor ini bisa beerupa solenoid, motor listrik atau bekerja
sesuai dengan suhu air pendingin. Dibeberapa sistem kendaraan sering disebut
Idle Speed Control ( ISC ) atau juga Idle Step Motor.
6.
Injector, adalah perangkat electronic yang
diperintah oleh ECU untuk membuka /menutup katup electronic sehingga bensin
bisa menyemprot ke silinder.
7.
CKP/CPS =Crankshaft Position Sensor ( CKP ),
sensor yang mendeteksi adanya putaran mesin. Jika sensor ini dipasang dekat
dengan poros nok/katup, disebut Camshaft Position Sensor ( CMP ). Kedua sensor tersebut disamping berfungsi untuk mengetahui adanya putaran
mesin juga berfungsi untuk mengendalikan sistem pengapian mesin tersebut.
8.
CTS/WTS = Coolant Temperature Sensor ( CTS )
atau Water Temperature Sensor ( WTS ) adalah sensor untuk mengetahui kondisi
suhu air pendingin. Semakin dingin suhu air pendingin maka semakin banyak
bensin yang disemprotkan ke silinder.
9.
TDC = Top Dead Center Sensor ( TDC ) adalah
sensor yang digunakan untuk mengetahui titik mati atas silinder nomor satu. Hal
ini biasanya digunakan untuk menentukan firing order ( FO ).
10.
VSS = Vehicle Speed Sensor ( VSS), adalah
sensor untuk mengetahui kecepatan kendaraan, biasanya dihubungkan dengan poros
output transmisi.