Minggu, 19 Mei 2013

PELEK RODA

Pelek roda harus cukup kuat untuk menahan beban vertikal dan horisontal, beban pengendaraan dan pengereman dan berbagai macam tenaga yang tertumpu pada ban. Pelek juga harus balance agar dapat berputar dengan lembut pada putaran tinggi, dan harus dibuat akurat agar dapat mengikat ban dengan baik


TIPE PELEK RODA


Pelek roda dapat dibedakan menurut metoda pembuatan dan bahannya. Ada dua tipe yang umum digunakan sekarang yaitu: pelek baja press dan pelek campuran besi tuang.
- Pelek Baja Press
Pressed steel disc wheel terbuat dari lembaran baja yang dipres. Tipe ini digunakan karena tahan lama harganya murah
- Pelek Campuran Besi Tuang
Cast light-alloy disc wheel terbuat dari campuran alumunium atau magnesium, dan digunakan untuk mengurangi berat dan menambah penampilan

SISTEM KODE SPESIFIKASI PELEK

- Lebar pelek (Rim width) dalam inchi
- Bentuk flens pelek (Rim flange shape)
- Diameter pelek (Rim diameter) dalam inchi
- Tipe rim

Bentuk flens pelek (Rim flange shape)
Pelek dengan tanda kode “J” dan
“JJ” bentuknya hampir sama
tetapi tinggi (jarak) flens dari
tempat dudukan ban sedikit berbeda.
Tinggi flens pelek “J” adalah
17,5 mm sedangkan untuk
pelek “JJ” adalah 18 mm
Pada umumnya bentuk flens “J”
digunakan pada pelek berdiameter
sampai 15 inchi, sedangkan
untuk yang diameternya lebih
besar cenderung digunakan
bentuk “JJ”. Ini karena bentuk
“JJ” lebih tinggi membuat ban
tidak mudah lepas