Minggu, 28 Oktober 2018

Mengenal Jenis Jenis Power Tools

Mengenal Jenis Jenis Power Tools

Power Tools adalah peralàtan yang sumber tenaganya bukan dari tenaga manusia, tetapi tenaga menggunakan listrik atau tenaga pneumatis (gas). Power tools dapat menghemat banyak waktu apabila digunakan dengan benar dan berbahaya apabila penggunaannya salah. Alat-alat bertenaga atau Power tools seperti impact, drill, air hammer, dan die grinder digunakan untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan. Butuh waktu lama untuk melakukan pengeboran pada part, melepas bolt, memperbesar ulir atau memasang part baru.

Power Tools adalah peralatan yang digerakkan atau dioperasikan dengan menggunakan tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga. Tanpa sumber penyedia tenaga, power tools tidak bisa dipergunakan. Sumber tenaga Power Tool diantaranya menggunakan motor elektrik yang bersumber dari arus listrik, mesin pengapian internal dan udara terkompresi (compressed air). Sumber tenaga yang lain bisa menggunakan adalah mesin uap atau pembakaran langsung menggunakan bahan bakar. Di bawah ini adalah jenis-jenis power tools yang sering di gunakan.

Bor Tangan (Hand Drill)

power tools

Bor Tangan (Hand Drill)  adalah alat yang berfungsi Sebagai alat untuk membuat lubang. Bor tangan sendiri punya banyak jenis sesuai peruntukannya, tapi kebiasaan kebanyakan dari kita menggunakan satu bor untuk hampir semua pekerjaan. Di pasaran, bor tangan tersedia dengan kabel, batrei atau yang disambungkan pada kompresor.

Gerinda Tangan (Hand Grinder)
power tools

Gerinda Tangan (Hand Grinder) adalah alat yang berfungsi untuk untuk menghaluskan material tertentu, selain itu gerinda juga dapat digunakan untuk memotong dan mengkilapkan permukaan material tertentu. Mata gerinda jenisnya tergantung fungsinya masing-masing, mulai dari yang fungsinya sebagai ampelas, batu atau resibon, hingga kain untuk polishing.

Kunci impact (Portable impact wrench)
power tools

Kunci impact (Portable impact wrench) adalah alat digunakan untuk memengendorkan baut/mur dengan sangat cepat, sedangkan yang berukuran besar digunakan juga untuk mengendorkan baut/mur yang sangat kencang. Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk penggunaan yang berbeda. Dua jenis utama adalah pistol dan tuas.

Obeng penumetik (penumetik screwdriver) 
power tools

Obeng penumetik (penumetik screwdriver) adalah alat yang di gunakan untukmempermudah pekerjaan mekanik di bengkel. Obeng penumetik di gunkan pada scrup yang mempunyai pengencangan tinggi. Obeng penumetik hamper sama dengan kunci impact.

Air Chisel
power tools

Air Chisel  adalah alat yang berfungsi sama seperti jackhammer (tool pelubang beton), meskipun cycling rate lebih cepat.  Air chisel adalah alat yang di gunakan untuk memutus daun baut yng penggunaanya sangat. Air tool memerlukan pelumasan. Kebanyakan workshop memiliki automatic oiler yang dipasang di dalam sistem air supply. Apabila workshop tidak memiliki automatic oiler atau apabila automatic oiler tidak berfungsi, air tool perlu dilumasi setiap hari. Masukkan beberapa tetes oli ke dalam inlet air tool sebelum digunakan.