Minggu, 07 Oktober 2018

Perlengkapan Mesin Gerinda datar


Perlengkapan Mesin Gerinda datar

Mesin gerinda datar secara umum dilengkapi tiga jenis perlengkapan utama yaitu perlengkapan pencekaman/pengikatan benda kerja, perlengkapan balancing roda gerinda dan perlengkapan penajaman/ pembetukan roda gerinda.

Perlengkapan pencekaman/ pengikatan benda kerja

Perlengkapan pencekaman/pengikatan benda kerja pada mesin gerinda datar diantaranya:

a) Ragum Rata Presisi (Precision Vice Plate)

Ragum rata presisi adalah salah satu perlengkapan pencekam benda kerja pada mesin gerinda datar yang digunakan untuk mencekam benda kerja berbentuk balok/persegi panjang dengan hasil penggerindaaan antara satu dengan bidang yang lainnya saling tegak lurus, siku dan sejajar. Ciri-ciri ragum presisi secara fisik adalah, seluruh bagian/bidang luar ragum selain yang ada batang penguncinya dapat dijadikan acaun dasar/ bacic penggerindaan, karena pada proses pembuatannya antara bidang satu dengan yang lainnya sudah dikondisikan kesikuan dan kesejajarannya.

b) Ragum Poros Presisi (Precision Vice For Shaft)

Ragum poros presisi adalah salah satu perlengkapan pencekam benda kerja pada mesin gerinda datar yang digunakan untuk mencekam benda kerja berbentuk bulat atau poros lurus/ batang lurus dengan hasil penggerindaaan permukaan datar

dan sejajar.

c) Ragum Sudut Universal Presisi (Precision Universal Angle Vice)

Ragum sudut universal presisi adalah salah satu alat pencekam benda kerja pada mesin gerinda datar yang digunakan untuk untuk mencekam benda kerja dengan hasil penggerindaan rata atau menyudut (sudutnya dapat diatur dua arah).

d) Ragum Sinus Presisi (Preccision Sine Vice)

Ragum sinus presisi adalah salah satu alat pencekam benda kerja pada mesin gerinda datar yang digunakan untuk untuk mencekam benda kerja dengan hasil penggerindaan menyudut satu arah dengan alat bantu balok ukur (gauge blocks).

e) Ragum Sinus Presisi Universal (Preccision Sine Vice)

Ragum sinus presisi universal adalah salah satu alat pencekam benda kerja pada mesin gerinda datar yang digunakan untuk untuk mencekam benda kerja dengan hasil penggerindaan menyudut dua arah dengan alat bantu balok ukur (gauge blocks).

f) Meja/ Chuck Magnet Permanen (Permanent Magnetic Table/ Chuck)

Meja magnet permanen, digunakan untuk mencekam benda kerja melalui medan magnet yang diaktifkan secara manual dengan hasil rata, sejajar. Meja magnet jenis ini ada dua jenis yaitu meja magnet permanen berbentuk balok dan meja magnet permanen berbentuk

bulat.

Adapun proses pencekaman benda kerja dengan meja magnet permanent :

Lempengan-lempengan magnet permanen terletak di antara logam anti magnet yang dipasang di antara plat atas dan bawah.
Plat atas mempunyai plat sisipan anti magnet yang berfungsi mengarahkan aliran medan magnet.
Posisi tuas “ON‟, posisi lempengan magnet sebidang dengan kutub sisipan di plat atas. Medan magnet mengalir dari kutub selatan ke kutub luar (plat atas) dan melewati benda kerja diteruskan ke kutub utara dan plat bawah sehingga benda kerja akan tercekam.
Benda kerja diatur pada posisi garis kerja aliran medan magnet yang terdapat pada pencekam magnet.
Posisi tuas “OFF‟, aliran magnet dipindahkan karena lempengan magnet dan sisipan tidak segaris kerja aliran medan magnet. Plat atas dan sisipan akan menutupi aliran yang menuju ke benda kerja sehingga benda kerja tidak tercekam.
g) Meja Magnet Listrik (Electro Magnetic Table/ Chuck)

Meja magnet listrik, digunakan untuk mencekam benda kerja melalui medan magnet yang ditimbulkan oleh aliran listrik.

Adapun proses pencekaman benda kerja dengan meja magnet listrik:

Pencekaman menggunakan prinsip elektromagnetik.
Batangan-batangan yang diujungnya diatur sehingga menghasilkan kutub magnet utara dan selatan secara bergantian bila dialiri arus listrik.
Supaya aliran medan magnet melewati benda kerja digunakan logam non ferro yang disisipkan pada plat atas pencekam magnet.
Melepas benda kerja dilakukan dengan memutuskan aliran listrik yang menuju pencekam magnet dengan menggunakan tombol on/ off.