Minggu, 07 Oktober 2018

Bor Senter (Centre drill) Mesin Bubut


Bor Senter (Centre drill) Mesin Bubut

Bor Senter (Centre drill) adalah salah satu alat potong pada mesin bubut yang berfungsi untuk membuat lubang senter pada ujung permukaan benda kerja. Jenis bor senter ada tiga yaitu: bor senter standar (standar centre drill), bor senter dua mata sayat (safety type centre drill) dan bor senter mata sayat radius (radius form centre drill).

a) Bor senter standar (Standard centre drill)

Bor senter standar (Standard centre drill)

Bor senter standar memiliki sudut mata sayat pengarah sebesar 60º, sehingga hasil lubang senter yang dibuat memiliki sudut yang sama dengan sudut mata sayatnya. Bor senter jenis ini memiliki dua ukuran, yaitu bor senter standar panjang normal dan bor senter ekstra pendek/ panjang.

b) Bor senter mata sayat bertingkat

Bor senter mata sayat bertingkat

Bor senter mata sayat, fungsinya sama dengan senter bor standar yaitu untuk membuat lubang senter bor yang memilki sudut pengarah senter 60º. Perbedaannya adalah apabila pada saat membuat lubang senter bor diperlukan hasil lubang senternya bertingkat setelah bidang tirusnya, maka dapat digunakan senter bor jenis ini.

c) Bor Senter bentuk radius/ Radius form centre drill

Bor Senter bentuk radius/ Radius form centre drill

Bor senter bor bentuk radius (Radius form centre drill), memilki mata sayat berbentuk radius. Sehingga sehingga hasil lubang senter yang dibuat memilki profil yang sama dengan sudut mata sayatnya yaitu berbentuk radius. Kelebihan lubang senter bor bentuk radius ini adalah, apabila membubut diantara dua senter yang diperlukan pergeseran kepala lepas relatif besar, bidang lubang senter maupun senter tetap/ senter putar lebih aman karena bidang singgung pada lubang senter relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan lubang senter bor bentuk standar. Hasil pembuatan lubang senter bor bentuk radius dapat dilihat pada gambar.

 Penggunaan senter bor pada proses pembubutan harus pasang atau diikat dengan cekam bor (drill chuck) yang dipasang pada kepala lepas. Pemasangan senter drill dan hasilnya pada proses pembubutan dapat dilihat pada gambar berikut.

Bor Senter (Centre drill)
  
Untuk megetahui standar ukuran diameter bodi dan diameter ujung bor senter dalam satuan mm dapat dilihat pada tabel.

Bor Senter (Centre drill)

 Hal lain yang penting diketahui bahwa,jenis senter bor yang sering digunakan dilingkungan industri manufaktur maupun pendidikan adalah senter bor standar dan senter bor bentuk radius.