Rabu, 23 Oktober 2013

cara kerja motor stater konvensional

pada saat kunci kontak "ON"

Apabila saklar stater diputar ke posisi ON,maka arus baterai akan mengalir melalui kumparan penahan ke massa dan dilain pihak ke kumparan penarik. Kumparan medan dan ke massa melalui anker. Pada saat ini kumparan penahan dan kumparan penarik membentuk gaya magnet dengan arah yang sama, dikarenakan arah arus yang mengalir pada kedua kumparan tersebut sama, seperti pada gambar diatas.
maka plat kontak (plunyer) akan bergerak ke arah menutup saklar utama, sehingga lengan penggerak menggeser kopling jalan bebas ke arah posisi berkaitan dengan roda gaya. Untuk lebih jelas lagi jalannya arus adalah sebagai berikut :
baterai-->terminal 50-->kumparan penahan-->massa
baterai-->terminal 50-->kumparan penarik-->kumparan medan-->anker-->massa
Oleh karena arus yang mengalir ke kumparan medan pada saat itu, relatif kecil maka anker berputar lambat dan memungkinkan perkaitan pinion dengan roda gaya menjadi lembut. pada keadaan ini plat kontak belum menutup saklar utama.

Pada saat pinion berkaitan penuh


Bila gigi pinion sudah berkaitan penuh dengan gigi roda gaya,maka plat kontak akan mulai menutup saklar utama,lihat gambar di atas. pada saat ini arus akan mengalir sebagai berikut :
baterai-->terminal50-->kumparan penahan-->massa
baterai-->saklar utama-->terminal C-->kumparan medan-->anker-->massa
seperti terlihat pada gambar, di terminal C ada arus, maka arus dari kumparan penarik tidak dapat mengalir, akibatnya plat kontak ditahan oleh kemagnetan yang ada pada kumparan penahan saja. Bersamaan dengan itu arus yang besar akan mengalir dari baterai ke kumparan medan-->anker-->massa melalui saklar utama. Akibatnya stater dapat menghasilkan momen puntir yang besar yang digunakan memutar roda gaya. Bilamana notor sudah mulaihidup, roda gaya akan memutar
 anker melalui pinion. Untuk menghindari kerusakan pada stater akibat hal itu maka kopling akan membebaskan dan melindungi anker dari putaran yang berlebihan.

pada saat saklar 'OFF"


sesudah saklar stater diputar ke off, dan saklar utama dalam keadaan belum membuka (belum bebas dari plat kontak) maka aliran arusnya sebagai berikut :
baterai-->terminal30-->terminal utama-->terminal C
kumparan medan-->anker-->massa
oleh karena saklar starter dipeutar ke posisi off maka kumparan penarik dan kumparan penahan tidak mendapat arus dari terminal 50 melainkan dari terminal C sehingga aliran arusnya akan menjadi :
baterai-->terminal 30-->terminal utama-->terminal C
kumparan penarik-->kumparan penahan-->massa
karena arus kumparan penarik dan kumparan penahan berlawanan maka arah gaya magnet yang dihasilkan juga berlawanan sehingga kedua duanya saling menghapuskan, hal ini mengakibatkan kekuatan pegas pengembali dapat mengembalikan plat kontak ke posisi semula. Denga demikian lengan penggerak menarik kopling jalan bebas dan gigi pinion terlepas dari perkaitan.