Jumat, 15 Desember 2017

Inside Micrometer

Inside Micrometer 

Micrometer dalam atau Inside micrometer terdiri dari spindle dan ulir drat, thimble, barrel, knurled fingre grip, adjustment nut, dan anvil pada masing-masing ujung. Skala yang digunakan untuk melakukan pengukuran (skala pengukuran) terdapat pada barrel dan satu skala lainnya terdapat pada thimble. Thimble berputar dan menggerakkan anvil. Anvil bersentuhan dengan permukaan. Extension rod memungkinkan inside micrometer mengukur berbagai ukuran diameter dalam. Inside micrometer dibuat dalam banyak ukuran dan extension rod dalam banyak ukuran pula. Penggunaan inside micrometer secara teratur diperlukan untuk memperoleh hasil pengukuran yang baik.

Inside Micrometer


Inside micrometer adalah alat untuk mengukur dimensi (ukuran) bagian dalam dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat ini digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam, memeriksa apakah permukaan sejajar, dan mengukur dimensi-dimensi bagian dalam lainnya.

Untuk mengukur dimensi bagian dalam, inside micrometer tanpa extension rod harus pas masuk ke dalam lubang. Kemudian extension rod dihubungkan bila diperlukan. Thimle diputar sehingga anvil bersentuhan dengan sisi-sisinya, dan jaraknya terbaca pada skala.

Pastikan untuk menambahkan panjang extension rod pada bacaan pengukuran dari skala. Ketika extension rod dihubungkan, pastikan untuk memeriksa pengukuran angka nol pada skala dengan outside micrometer. Micrometer adalah instrumen presisi dan harus digunakan dengan hati-hati. Alat ini tidak boleh digunakan untuk semua tujuan melainkan hanya untuk dimensi-dimensi bagian dalam yang berukuran kecil saja. Jangan memanjangkan anvil melampaui kapasitas pengukurannya. Jangan mendorong inside micrometer ke lubang terbuka yang berukuran terlalu kecil.

Micrometer dalam / Inside Micrometer memiliki beberapa ukuran misalnya 75 – 100 mm, 100 – 125 mm dan dilengkapi dengan extension.

Extension pada Inside Micrometer

Inside Micrometer