Minggu, 14 April 2013

jenis jenis kaliper cem cakram dan cara kerjanya

Kaliper tetap

- kaliper terpasang mati pada aksel
- masing masing kaliper terdapat torak/pistom rem
- pad/kanvas dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

 cara kerja

- Pada saat pedal rem di injak
   tekanan hidrolis kan menekan kedua pad/kanvas yang akan menjepit cakram
- Pada saat pedal dilepaskan
  dua torak akan kembali ke posisi semula namun masih bergesek.
konstruksi sederhana. namun mulai tidak dipakai karena tidak efektif pada waktu selesai pengereman.

kaliper luncur satu piston

cara kerja
- tekanan minyak rem dalam silinder akan menekan piston dn dasar silinder
- torak bergerak kekiri mendorong balok rem sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
- selanjutnya tekanan hidrolis di samping menekan torak juga menekan dasar silinder dan akhirnya unit
  silinder bergerak kekanan mendorong balok rem 2 dengn arah berlawanan dengan balok rem 2
- balok rem 1 di dorong kekiri oleh torak dan balok rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, kearah
   permukaan gesek cakram
- gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram
   dan akhirnya terjadilah pengereman


Kaliper luncur doube piston

Cara kerja

- tekanan cairan rem menekan piston no 1 dan nomer 2
- piston 1 bergerak kekiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
- torak 2 bergerak kekanan mendorong unit rangka luncur dan balok rem 2 terdesak ke arah permukaan
  gesek cakram pada sisi yang satunya.
- balok rem 1di dorong keluar oleh torak no 1 dan balok rem 2 di dorong kekanan oleh unit rangka luncur
   ke arah permukaan gesek cakram
- gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan akhirnya mencepit cakram dan akhirnya terjadi
   pengereman.