Kaliper tetap
- masing masing kaliper terdapat torak/pistom rem
- pad/kanvas dipasang pada kaliper dengan dua buah pin
cara kerja
- Pada saat pedal rem di injak
tekanan hidrolis kan menekan kedua pad/kanvas yang akan menjepit cakram
- Pada saat pedal dilepaskan
dua torak akan kembali ke posisi semula namun masih bergesek.
konstruksi sederhana. namun mulai tidak dipakai karena tidak efektif pada waktu selesai pengereman.
kaliper luncur satu piston
cara kerja
- tekanan minyak rem dalam silinder akan menekan piston dn dasar silinder
- torak bergerak kekiri mendorong balok rem sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
- selanjutnya tekanan hidrolis di samping menekan torak juga menekan dasar silinder dan akhirnya unit
silinder bergerak kekanan mendorong balok rem 2 dengn arah berlawanan dengan balok rem 2
- balok rem 1 di dorong kekiri oleh torak dan balok rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, kearah
- gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram
dan akhirnya terjadilah pengereman
Kaliper luncur doube piston
Cara kerja
- tekanan cairan rem menekan piston no 1 dan nomer 2
- piston 1 bergerak kekiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
- torak 2 bergerak kekanan mendorong unit rangka luncur dan balok rem 2 terdesak ke arah permukaan
gesek cakram pada sisi yang satunya.
- balok rem 1di dorong keluar oleh torak no 1 dan balok rem 2 di dorong kekanan oleh unit rangka luncur
ke arah permukaan gesek cakram
- gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan akhirnya mencepit cakram dan akhirnya terjadi
pengereman.