Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi sebagai pondasi yang mengangga semua komponen komponen kendaraan seperti mesin, drive train/pemindah tenaga, sistem suspensi, sistem kemudi dan kelistrikan serta bodi.
Secara umum rangka terbagi menjadi 2 jenia
- rangka rigid terpisah
- rangka integral
Rangka rigid
U kotak bulat bulat telur double U
sifat sifat rangka rigid secara umum
- kontruksi sederhana
- kuat menahan beban berat
- dapat dipakai universal
- kuat menahan beban lengkung dan puntir
- kurang nyaman
penggunaan rangka rigid
- untuk mobil niaga/ angkutan
- untuk mobil penumpang
Jenis rangka rigid
rangka model H / tangga
Umumnya dengan dua batang memenjang dan beberapa batang yang melintang. Penyambungan dengan cara di las, di keling atau di baut. Pembuatan komponen nya mudah untuk dipasang dan dilepaskan.
Kuat untuk menahan beban berat, beban lengkung dan puntir.
Penggunaan biasanya pada mobl beban misalnya truck, bus dan mobil penumpang
Rangka integral
Pada bodi integral semua bagian dari karoseri seperti pintu , atap. lantai, fender berfungsi sebagai rangka.
Kuat untuk menahan beban berat, beban lengkung dan puntir.
Penggunaan biasanya pada mobl beban misalnya truck, bus dan mobil penumpang
Rangka integral
Pada bodi integral semua bagian dari karoseri seperti pintu , atap. lantai, fender berfungsi sebagai rangka.