Diberdayakan oleh Blogger.

Konstruksi dan cara kerja pompa oli sepeda motor 2 tak

Pompa oli digerakkan oleh poros engkol dan disambungkan ke handle gas sebagai pengatur. Aliran oli dari tangki oli menuju pompa oli dan diteruskan menuju karburator. ada juga yang disemprotkan ke ruang bilas.
Pengaturan debit oli disesuaikan dengan putaran mesin dan beban mesin.

konstruksi pompa oli
Ada dua jenis pompa oli pada sepeda motor 2 tak, keduanya menggunakan sistem plunyer. Yang membedakan adalah kontruksinya, oleh karena itu cara kerja dan fungsinya hampir sama.


Tipe tipe pompa oli
1. General pumps
jenis ini banyak digunakan pada motor 2 tak tipe sport.Prinsip kerjanya adalah berdasarkan tekanan dari cam yang berada pada poros engkol dengan plunger yang terdapat dalam pompa oli. Plunger ini ditekan oleh cam dan bekerja naik turun berdassarkan tekanan. dari cam.


2. Pompa oli tipe high compression
Pompa jenis ini banyak dipakai oleh motor bebek dan scooter.


Pelumasan kopling dan transmisi pada motor 2 tak

Kotak transmisi terpisah dari crankcase. Oli tertampung pada kotak kopling dan transmisi. Poros transmisi dan gear dilumasi oleh cipratan oli.


0 komentar: