Kamis, 25 April 2013

Sistem pelumasan sepeda motor 2 tak.

Secaca umum terbagi menjadi 2
1. Pelumasan Dicampur langsung / Premix lubrication
Pada pelumasan sistem ini bensin dan oli samping dicampur terlebih dahulu

Sistemini mulai ditinggalkan karena pada kecepatan rendah dan menengah oli samping terlalu banyak sehingga akan menghasilkan
- gas buang berasap
- cepat terbentuk karbon
- oli harus dicampur bahan bakar terlebih dahulu sehingga tidak efektif
- kebutuhan oli tidak bisa disesuaikan dengan putaran mesin sehingga lebih boros

2. Sistem pelumasan terpisah
Pada sistem ini oli samping ditempatkan pada wadah tersendiri dan terpisah dengan tangki bahan bakar. Untuk mengalirkan bahan bakar digunakan pompa oli. Jenis ini efektif karena kebutuhan oli dapat di sesuaikan dengan kebutuhan mesin. Suplai oli samping juga dapat diatur sesuai dengan karakter mesin.


jumlah oli yang terkontrol dapat mengurangi asap pembuangan, mengurangi pembentukan karbon, mengurangi pemakaian oli yang berlebihan dan lebih praktis karena tidak perlu mencampur terlebih dahulu.
Dengan adanya sistem pelumasan seperti ini dapat menghasilkan pelumasan yang  lebih baik dan tidak pelu lagi diragukan perbandingannya. Sehingga berpengaruh terhadap daya tahan mesin.