Senin, 11 Desember 2017

Cara Menggunakan Inside Calliper

Inside Calliper

Inside Calliper 
Inside calliper digunakan:
  • Untuk mengukur diameter bagian dalam (internal).
  • Untuk mengukur dimensi/ukuran bagian dalam; dan.
  • Untuk memeriksa apakah permukaan bagian dalam sejajar atau tidak.
Inside calliper memiliki dua kaki yang dihubungkan pada bagian ujung untuk mem-bentuk titik putar. Kedua kaki tersebut digerakkan bersama atau secara terpisah saat disetel.

Beberapa jenis inside calliper memiliki titik putar pegas (spring pivot point) dan sekrup penyetel (adjustment screw) untuk menempatkan kedua kakinya pada posisi yang benar. Kedua kaki inside calliper digerakkan ke arah luar di bagianujung. Inside calliper dibuat dalam banyak ukuran, tetapi kebanyakan di antaranya dapat dipegang dengan satu tangan.

Jangan menggunakan inside calliper apabila diperlukan tingkat akurasi (0.125 cm)+0.0005 inci atau lebih. Inside calliper digunakan untuk memindahkan pengukuran ke skala pengukuran. Gunakan inside calliper untuk mengukur diameter bagian dalam, atau ukuran-ukuran lainnya, atau untuk memeriksa apakah permukaan sejajar atau tidak. Akurasi pengukuran diperoleh sesuai dengan “perasaan” (feel) calliper terhadap pekerjaan. “Feel” ini adalah tekanan ringan calliper saat calliper digerakkan pada bidang pekerjaan. Penggunaan inside calliper secara rutin diperlukan untuk memperoleh “feel” yang benar. Untuk mengukur bukaan calliper, letakkan ujung penggaris baja pada permukaan yang dikerjakan dengan mesin. Letakkan satu kaki calliper pada permukaan ini di sebelah penggaris baja. Bacalah pengukuran dari penggaris baja pada bagian ujung kaki lainnya dari inside calliper.

Inside calliper tidak boleh digunakan sebagai pengait (gripping hook). Jangan memanjangkan penjepit (jaw) melampaui kapasitas pengukurannya. Jangan men-dorong calliper ke dalam ruang terbuka yang ukurannya terlalu kecil.

Cara Menggunakan Inside Calliper
Cara Menggunakan Inside Calliper

Periksalah diameter bagian dalam suatu lubang dengan menggunakan spring inside calliper dan micrometer sebagai berikut:
  • Tempatkan satu kaki calliper tepat di bagian dalam dan di bagian bawah lubang.
  • Bukalah kedua kaki calliper dengan menyetel sekrup sampai kaki lainnya menyentuh bagian atas lubang.
  • Goyangkan calliper sedikit pada kaki bagian bawah dan setel sekrup sampai Anda memperoleh ”feel” calliper di dalam lubang.
  • Sebagai alternatif, apabila penggaris baja akan digunakan untuk melakukan pengu-kuran; lakukan langkah-langkah berikut:
  • Peganglah bagian ujung penggaris dengan tegak lurus pada permukaan yang rata.
  • Tempatkan satu kaki calliper pada permukaan ini di sebelah penggaris.
  • Bacalah pengukuran pada penggaris di kaki calliper lainnya.