Senin, 11 Desember 2017

Cara Menggunakan Outside Calliper


Outside Calliper

Outside Calliper
Calliper luar (outside calliper) digunakan untuk memindahkan pengukuran. Outside calliper memiliki dua kaki yang dihubungkan pada bagian ujung titik putar. Kaki-kaki tersebut dibuka sesuai dengan jarak yang harus diukur.

Beberapa jenis outside calliper memiliki titik putar pegas (spring pivot point) dan sekrup penyetel (adjustment screw) untuk menempatkan kaki-kaki dalam posisiyang benar. Kaki-kaki dari outside calliper dibengkokkan ke arah satu sama lain pada bagian ujung untuk memperoleh pengukuran yang lebih akurat. Outside calliper terdiri dari berbagai ukuran, tetapi sebagian besar di antaranya dapat dipegang dengan satu tangan. Outside calliper digunakan untuk memindahkan pengukuran ke skala pengukuran.

Outside calliper digunakan untuk mengukur diameter luar atau dimensi-dimensi luar lainnya. Alat ini dapat juga digunakan untuk memeriksa apakah permukaan sejajar atau tidak. Akurasi pengukuran diperoleh sesuai dengan “perasaan” (feel) calliper terhadap pekerjaan. “Feel” ini adalah tekanan ringan calliper saat calliper digerakkan pada bidang pekerjaan. Penggunaan outside calliper secara rutin diperlukan untuk memperoleh “feel” yang benar.

Cara Menggunakan Outside Calliper 

Cara Menggunakan Outside Calliper
Outside calliper digunakan:
  • Untuk mengukur diameter luar.
  • Untuk mengukur dimensi luar.
  • Untuk memeriksa apakah permukaan luar sejajar atau tidak.
Memeriksa diameter pekerjaan dengan menggunakan outside calliper dan penggaris sebagai seperti gambar berikut.