Senin, 11 Desember 2017

Penggaris Baja (Steel Rule) dan Penggaris gulung (Measuring Tape)

Penggaris Baja (Steel Rule)

Penggaris baja dibuat dari baja tipis,dari bahan baja pegas.Penggaris baja ini mempunyai skalaa dari 0.5 mm atau 1mm ; ukuran panjang yang tersedia dibengkel – bengkel otomotif dari ukuran 300 mm atau 500 mm. Alat ini sangat mudah digunakan ,karena langsung dapat dibaca benda kerja yang diukur, hanya saja saat penggunaan harus diperhatikan arah sinar penerangan.

Catatan : ukuran yang tersedia pada penggaris baja adalah ukuran kombinasi yaitu ukuran metrik dan ukuran british ( ukuran inggris ).

Kesalahan optik (optical error) yang disebut parallax harus dihindari.

Parallax adalah perubahan yang tampak dalam posisi suatu benda yang dilihat dari jarak suatu benda yang lebih jauh.

Parallax dapat diperagakan sebagai berikut:

Peganglah masing-masing satu pinsil secara vertikal di kedua tangan Anda, langsung di depan Anda.

Peganglah satu pinsil sepanjang lengan kira-kira 150 mm di depan pinsil yang lainnya.

Pastikan agar kedua tangan Anda berada dalam posisi stabil dan tutuplah satu mata.

Gerakkan kepala Anda ke samping kanan dan kiri sampai kedua pinsil sejajar.

Sekarang gerakkan satu mata Anda ke kiri dan kanan dari posisi ini dengan menggerakkan kepala Anda ke samping kiri dan kanan.

Perhatikan perubahan posisi pinsil yang berada paling dekat dengan Anda. Ini adalah ilusi optikal yang disebut parallax.

Menggunakan Penggaris Baja (Steel Rule)

Menggunakan Penggaris Baja (Steel Rule)

Peganglah skala sehingga angka-angkanya berada sedekat mungkin dengan bagian yang sedang diukur.

Lihatlah angka-angkanya secara tegak lurus dengan skala.

Penggaris gulung (Measuring Tape)

Penggaris gulung (Measuring Tape)


Penggaris baja gulung ini dibuat dari pita baja yang digulung.Berbagai macam kemampuan ukur yang tersedia di bengkel-bengkel otomotif, umumnya tanda kemampuan ukur sampai 2000 mm ( 2 Meter ). Jenis ukuran yang tersedia pada alat ukur ini ada 2 jenis ; yaitu ukuran metrik dan ukuran British

Measuring tape yang fleksibel dapat digunakan untuk mengukur jarak di sekitar sudut-sudut atau bagian-bagian. Kelebihan utama measuring tape adalah kemampuannya untuk mengukur jarak yang panjang, biasanya sampai 100 inci(30 meter). Measuring tape yang terbuat dari bahan baja panjang digunakan untuk melakukan survei karena tape yang terbuat dari kain dapat direntangkan. Ujung tape harus ditahan untuk memperoleh pengukuran yang baik. Masukkan tape dengan hati-hati kembali ke kotaknya agar tape tidak rusak. Gerakan pegas untuk mundur kembali (Spring return) digunakan untuk measuring tape logam berukuran pendek.