Sabtu, 06 Oktober 2018

Penyangga Mesin Bubut

Penyangga Mesin Bubut

Penyangga pada meisn bubut merupakan perlengkapan mesin bubut yang berfungsi untuk menyangga atau menyokong benda kerja yang dibubut jika benda kerja tersebut mempunyai ukuran yang cukup panjang. Karena jika benda kerja yang panjang tersebut tidak didukung oleh alat penyangga, maka sewaktu dilakukan penyayatan, benda kerja akan bergetar atau bahkan bisa melentur terutama di bagian tengahnya antara senter kepala tetap dan senter kepala lepas, sehingga hasil pembubutan akan menjadi kasar.

Ada dua jenis penyangga yang biasa dipakai pada mesin bubut, yaitu penyangga tetap (steady rest) dan penyangga jalan (follower rest). Penyangga tetap memiliki 3 buah batang penyokong yang bagian ujungnya agak lancip. Ketiga batang penyokong ini dapat digerakkan maju atau mundur dengan memutarkan baut pengaturnya, sehingga batang-batang penyokong ini bisa merapat ke permukaan benda kerja.

Penyangga Tetap
Penyangga Tetap

Penyangga Tetap
Penggunaan Penyangga Tetap
Pada pemakainnya penyangga tetap dipasang pada alas mesin dan diikat dengan baut pada posisi yang dikehendaki. Karena dipasang pada alas mesin maka penyangga tetap akan tetap diam pada posisinya.

Penyangga jalan memiliki fungsi yang sama dengan penyangga tetap, yaitu untuk menyangga benda kerja yang panjang dan memiliki diameter yang kecil. Perbedaan antara penyangga jalan dan penyangga tetap, terletak pada cara pemasangan dan posisinya. Jika penyangga tetap dipasang pada alas mesin dan posisinya tetap diam tidak bergerak mengikuti eretan. Sedangkan penyangga jalan dipasang pada eretan memanjang dan posisinya tidak tinggal diam tetapi bergerak mengikuti gerakan eretan memanjang tersebut.

Penyangga jalan
Penyangga jalan

Penyangga jalan
Aplikasi Penyangga jalan
Penyangga jalam biasanya hanya mempunyai dua buah batang penyokong, di mana sebuah menyokong bagian atas benda kerja dan batang penyokong yang satunya lagi menyokong bagian samping benda kerja yang letaknya berhadapan dengan posisi pahat.