Minggu, 07 Oktober 2018

Cekam (Chuck) Mesin Bubut

Cekam (Chuck)

Cekam atau chuck merupakan perlengkapan mesin bubut yang digunakan untuk memegang benda kerja. Pada pemakaiannya cekam dipasang pada spindel mesin yang terdapat pada kepala tetap. Dilihat dari konstruksinya cekam mesin bubut berbentuk silinder yang memiliki rahang-rahang yang dapat digerakkan secara radial menjauhi ataupun mendekati titik pusat pusat cekam dengan menggunakan kunci cekam.

Di dalam operasinya benda kerja dipasang di bagian tengah cekam, kemudian kunci cekam dimasukkan ke dalam salah satu lubang penggerak rahang yang terdapat di bagian keliling badan cekam. Selanjutnya kunci cekam diputar searah jarum jam sehingga rahang-rahang cekam bergerak secara bersamaan menuju titik pusat cekam. Hal ini akan membuat benda kerja dijepit dengan kuat oleh rahang-rahang cekam tersebut. Sementara itu untuk melepaskan benda kerja dari cekam dapat dilakukan dengan cara memutarkan kunci cekam berlawanan arah jarum jam sehingga rahang-rahang cekam akan bergerak menjauhi titik pusat cekam dan benda kerja pun akan terlepas dari jepitan rahang-rahang tersebut.

Ada beberapa jenis cekam, tetapi yang umum digunakan ada 2 jenis, yaitu: cekam universal 3 rahang dan cekam independen 4 rahang. 
Cekam universal merupakan cekam yang rahang-rahangnya dapat digerakkan secara bersama-sama atau serentak dengan memutarkan kunci cekam di dalam salah satu lubang penggerak rahang. 

Oleh karena ketiga rahang dari cekam universal dapat digerakkan secara serentak, maka cekam ini sering disebut juga sebagai cekam yang dapat memusat sendiri. Umumnya cekam universal digunakan untuk menjepit benda kerja yang berbentuk bulat atau berbentuk segi enam.

Cekam universal 3 rahang
Cekam universal 3 rahang
Pada cekam independen 4 rahang masing-masing rahangnya dapat digerakkan secara independen atau dapat digerakkan secara sendiri-sendiri. Apabila kunci cekam dimasukkan kedalam salah satu lubang penggerak rahang, kemudian kunci cekam diputarkan, maka hanya rahang yang berhubungan dengan lubang penggerak saja yang akan bergerak sementara ketiga rahang lainnya tetap diam. Dengan demikian untuk menggerakkan keempat rahang tersebut, maka kunci cekam harus dimasukkan ke semua lubang penggerak rahang secara bergantian.

Cekam independen 4 rahang
Cekam independen 4 rahang
Cekam independen 4 rahang merupakan cekam yang cocok dipakai untuk menjepit:

1. Benda kerja yang berbentuk persegi.
2. Bemda kerja dengan bentuk yang tidak teratur
3. Benda kerja yang bulat dengan presisi yang tinggi.
Selain itu cekam independen dapat juga dipakai untuk memegang bemda kerja dengan posisi tidak sentris.

Cekam pada saat digunakan harus dipasang pada spindel mesin. Cara pemasangannya tergantung dari bentuk dudukan/ pengarah pada spindel mesin dan cekam. Keduanya harus memilki bentuk yang sama, sehingga bila dipasangkan akan stabil dan presisi kedudukannya. Bentuk dudukan/ pengarah pada spindel pada umumnya ada dua jenis yaitu, berbentuk ulir dan tirus. Cekam terpasang pada spindel mesin dapat dilihat pada.