Minggu, 07 Oktober 2018

Kolet (Collet) Mesin Bubut

Kolet (Collet) Mesin Bubut

Pada mesin bubut, kolet digunakan untuk memegang benda kerja yang memiliki ukuran diameter yang kecil. Kolet merupakan perlengkapan mesin bubut yang dibuat dengan ketelitian yang tinggi dan digunakan untuk menjepit benda kerja yang memiliki permukaan yang relatif halus.

Dilihat dari konstruksinya kolet memiliki bentuk silinder dengan kepala yang tirus dan badan yang lebih ramping dengan alur-alur atau belahan sepanjang kepalanya dan sebagian badannya dan pada bagain ujung kolet terdapat ulir.

Kolet mempunyai beberapa ukuran, di mana ukuran diameter benda kerja yang dapat dijepit oleh kolet tertera pada bagian muka kolet.
Pada pemakaiannya kolet dipasang pada spindel kepala tetap dengan menggunakan rumah kolet (collet adapter) dan batang penarik (draw bar).
collet mesin bubut
Pemasangan kolet 
Pemasangan kolet dapat dilakukan sebagai berikut: 
  • rumah kolet dipasang pada spindel kepala tetap. 
  • Kemudian kolet dimasukkan ke dalam rumah kolet. 
  • Selanjutnya batang penarik dimasukkan ke dalam rongga spindel dari arah belakang. 
  • Kemudian mur pemutar pada batang penarik diputar searah jarum jam sehingga uliran pada batang penarik berpasangan dengan  uliran pada ujung kolet. 
  • Apabila kolet akan digunakan, maka benda kerja dimasukkan ke dalam lubang kolet, lalu batang penarik diputar terus sampai ketat sehingga kolet akan tertarik masuk ke dalam lubang tirus rumah kolet. 
  • Dengan demikian kolet akan menjepit benda kerja dengan kuat.
Jenis kolet lain yang juga dapat digunakan pada mesin bubut adalah dead length collet, di mana kolet jenis ini dilengkapi dengan mur pengunci.

Untuk mengetatkan atau mengendorkan mur pengunci dari kolet ini digunakan kunci-C
Kolet
Kolet dengan mur pengunci