Minggu, 07 Oktober 2018

Perlengkapan Tirus (Tapper Attachment) Mesin Bubut

Perlengkapan Tirus (Tapper Attachment) Mesin Bubut

Perlengkapan tirus atau tapper attachment merupakan suatu peralatan yang dapat digunakan untuk pembubutan tirus. 

Bagian-bagian utama perlengkapan tirus terdiri dari: batang penuntun (guide bar), batang lintang (cross slide bar), pelat sudut (angle plate), blok luncur (sliding block) dan braket alas (bed bracket).
Tapper Attachment
Komponen perlengkapan tirus
Peralatan tirus dipasang  di bagian belakang mesin bubut, di mana braketnya dibautkan pada alas mesin  dan batang lintangnya dihubungkan dengan eretan melintang mesin bubut. Dengan demikian eretan lintang akan bergerak ketika eretan memanjang bergerak. Hal ini akan membuat pahat bubut pada rumah pahat yang bertumpu pada eretan lintang akan bergerak menyudut dengan sumbu benda kerja sehingga pahat akan menyayat benda kerja secara tirus.

Tapper Attachment
Perlengkapan tirus
Sudut ketirusan yang diinginkan dapat disetel dengan cara memiringkan batang penuntun pada pelat sudut perlengkapan tirus. Karena eretan lintang mesin bubut dihubungkan dengan blok luncur pada batang penuntun, maka pahat akan bergerak mengikuti garis yang sejajar dengan batang penuntun yang membentuk sudut dengan sumbu bends kerja sesuai dengan sudut ketirusan yang disetel.